Senin, 14 Februari 2011

Betapa Besarnya Makna Maaf........

Setelah aku cari tahu makna kata Maaf ini aku menemukan sesuatu yang menarik…perama-tama kita akan mengetahui bahwa kata maaf itu sendiri dalam Al quran terdapat beberapa istilah yang berdekatan maknanya untuk mengistilahkan kata maaf di antaranya yaitu….
1. KATA AL AFUW yang bermakna keterhapusan ( kudapat dari), yang berarti dengan memaafkan kita juga berarti menghapus luka atau bekas- bekas luka yang ada di dalam hati…..…..

2. AL SHAFH (lapang dada) kata ini mengandung arti kelapangan atau keluasan….yang bermakna dengan memaafkan selain menghapus bekas-bekas luka dalam hati kita, kita juga harus bisa melapangkan hati menerima teman kita dengan segala kekuranganya dengan lapang dada dan mencoba membuka lembaran baru dengan orang tersebut ( kalo dengan bahasaku sendiri aku menyimpulkan u dengan cara memberi kesempatan kedua pada orang tersebut untuk memperbaiki kesalahannya tanpa mengungkit lagi masalah-masalah yang telah dimaafkan itu….) ……itulah beberapa arti dalam kata maaf yang ada di AlQuran….Terkadang sulit bagi kita memaafkan kesalahan orang lain apalagi kesalahan itu telah menyakiti hati dan harga diri kita…namun, aku belajar dari sebuah kata2 yang diberikan sahabatku bahwa “jika kita terlalu lama memendam perasaan tidak suka, benci, marah dalam hati kita maka kita tidak akan bisa melihat indahnya hidup ini….”bener juga..buat apa kita menyimpan rasa itu dalam hati kita yang nantinya hanya akan menimbulkan kecemasan dalam diri kita….
Intinya dari catatan ini bahwa dengan memaafkan yang tidak hanya suatu ucapan maaf namun juga yang disertai penghapusan bekas-bekas luka dalam hati dan kelapangan dada kita untuk memberi kesempatan kedua pada orang tersebut memperbaiki kesalahannya tanpa mengungkit masalahnya yang lalu,dapat membuat kia menjadi pribadi yang sehat dan pribadi yang menyenangkan……
selain itu beban dalam hidup kita akan sedikit berkurang sehingga kita dapat menjalani kehidupan yang singkat ini dengan baik dan penuh berkah……..
mengatakan maaf itu sangat mudah tetapi menghilangkan rasa luka dan memberi kesempatan kedua itu yang sangat berat, namun bila kita mampu melakukannya insyaallah jaminan istana di syurga utuk kita seperti dalam sabda Rasullulah Saw yang mengambarkan betapa Allah Swt sangat memuliakan orang yang sudi memaafkan kesalahan orang lain atas dirinya:

“dua orang umatku pada hari kiamat kelak akan datang seraya berlutut di bawah’Arasy.lalu berkatalah orang pertama ,’YaT uhan, balaslah atas kedzaliman yang telah dilakukan saudaraku ini ! karena sungguh, ia telah berbuat aniaya kepadaku’.
Kemudian Allah-pun berkata kepada orang yang kedua,’Bayarlah atas engkau kedzaliman yang pernah engkau lakukan kepada saudaramu itu !’.
Orang yang kedua itu pun menjawab. ‘Ya Tuhanku,sungguh seluruh amal kebaikanku telah habis’ mendengar jawaban itu, Allah pun berkata kepada orang pertama,’Bukankah engkau telah mendengar sendiri bahwa kebaikan saudaramu itu telah habis?’
‘kalau begitu, ambillah oleh-Mu wahai tuhanku, kejelekan-kejelakanku dan tumpahkanlah kepadanya!’,sahut orang pertama tadi.
Kemudian Allah Swt bertanya kepada orang pertama,’Apa engkau ingin memiliki hal yang lebih baik dari itu?’
‘Apakah itu wahai Tuhanku,’jawab orang pertama.
‘angkatlah kepalamu dan lihatlah di atas sana!’.
Maka, orang pertama tadi mengangkat kepalanya dan memandang kea rah syurga.setelah itu, dilihatlah olehnya di surga itu terdapat sebuah istana yang terbuat dari emas permata yang belum pernah ia lihat padanannya.
‘sultan manakah yang memiliki istana itu, Tuhanku?’tanya orang pertama tadi.’Milik seorang nabikah?atau seseorang yang telah gugur di jalan-Mu?’
Allah lalu berfirman, ‘istana itu milik orang yang sanggup membayar harga dari istana tersebut.’
‘wahai Tuhanku, siapakah dia?’
“engkaupun bisa memilikinya?’
‘bagaimana caranya, wahaiTtuhanku?’
‘dengan kata maafmu kepada saudaramu itu,’kata Allah.
Maka, berkatalah orang yang hendak menuntut balasan atas saudaranya itu,’wahai Tuhanku, hamba telah memaafkannya.hamba mengampuni kesalahannya’.
Kemudian Allah pun berfirman,’Peganglah tangan saudaramu itu dan masuklah kalian berdua ke surga.’

Semoga dari catatan ini dapat berguna bagi kita semua mari kita sama2 belajar menjadi pribadi pemaaf……..
Oke Brother………^_^

0 komentar:

Posting Komentar

coment untuk

@Copyright by: Memories In My Life Yudi Gp